Manfaat Antioksidan – Untuk Mencegah Penyakit Kronis Dan Mendukung Anti Aging

Manfaat Antioksidan - Untuk Mencegah Penyakit Kronis Dan Mendukung Anti AgingApa itu Antioksidan?

Antioksidan adalah zat alami yang ditemukan terutama dalam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan rempah-rempah yang membantu mencegah atau mengurangi oksidasi yang terjadi pada tingkat sel. Mereka melakukan ini dengan menghilangkan “radikal bebas”, yang jika dibiarkan saja dapat mengoksidasi sel – yang mengarah ke peradangan dan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit sendi, aterosklerosis, kanker, demensia, dan penyakit mata degeneratif. Bahan kimia berbahaya ini juga mempercepat proses penuaan.

Apa itu Radikal Bebas?

Radikal bebas adalah atom atau molekul dengan elektron tak berpasangan pada kulit terluar atom. Menjadi kimia tidak stabil, mereka sangat reaktif dan mampu menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Beberapa peneliti percaya bahwa penuaan terjadi karena sel menumpuk kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu.

Baca juga : Dermature

Faktor utama yang berkontribusi terhadap radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh adalah makan makanan yang salah, stres, polutan, merokok, paparan sinar ultra violet dan bakteri berbahaya.

Asupan obat resep tertentu dan kemoterapi juga terkait dengan pembentukan radikal bebas di dalam tubuh.

Makanan tinggi radikal bebas termasuk minyak dan lemak (ketika dipanaskan sampai suhu tinggi seperti pada penggorengan) daging matang dan daging olahan.

Makan terlalu banyak makanan manis yang menyebabkan gula darah melonjak juga dapat menyebabkan peningkatan bahan kimia berbahaya ini di dalam tubuh

Bagaimana Antioksidan Mencegah Penyakit Kronis dan Penuaan?

Antioksidan mencegah penuaan dengan menetralisir dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh yang bertanggung jawab menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh. Dengan demikian, mereka membantu mencegah atau memperlambat dampak penyakit kronis dan juga proses penuaan.

Apakah semua Antioksidan sama?

Meskipun peran kimia antioksidan dalam tubuh cukup mirip, beberapa antioksidan diketahui memberikan manfaat tambahan bagi bagian-bagian tertentu dari tubuh. Sebagai contoh: flavonoid melindungi jantung; beta karoten melindungi mata; Likopen bermanfaat bagi kelenjar prostat; dan, proanthocyanidine berkontribusi terhadap kesehatan saluran kemih

Telah diketahui bahwa beberapa antioksidan lebih kuat dalam tindakan mereka daripada yang lain. Misalnya makanan astaxanthin terkenal 500 kali lebih kuat daripada Vitamin E.

Sumber Antioksidan

Sumber makanan untuk antioksidan adalah sebagai berikut:

a) Sayuran – wortel, tomat, broccolli, bayam, kale, antichoke, ubi jalar, ubi bit dan daun ketumbar

b) Buah – buah beri biru, anggur, cranberry, elderberry, apel beri hitam, melon air, wolfberry dan buah jeruk

c) Kacang-kacangan dan Biji-bijian – pecan, walnut, kacang tanah, kacang merah dan biji rami

d) Minuman – anggur merah, teh hijau, coklat

e) Rempah-rempah – cengkeh, kunyit, kayu manis, oregano, basil dan jahe

Makanan yang tercantum di atas tidak lengkap tetapi menunjukkan yang lebih populer yang kaya antioksidan.

Suplemen

Vitamin A, C dan E adalah salah satu antioksidan yang terkenal sementara unsur-unsur jejak selenium, seng dan tembaga dikenal untuk mendukung sistem anti-oksidasi dalam tubuh.

Antioksidan lain yang populer untuk manfaat kesehatan mereka meliputi:

a) Curcumin- perlindungan terhadap kanker, Alzheimer, penyakit jantung dan radang sendi

b) CoQ10 – membantu mereka dengan masalah jantung, Penyakit Parkinson, hipertensi dan sindrom kelelahan kronis.

c) Glutathione – membantu tubuh menghasilkan enzim, detoksifikasi, pencernaan lemak dan penghancuran sel kanker.

d) Lutein dan Zeaxanthin – mencegah katarak dan degenerasi makula

e) Quecetin – mendukung jantung, melawan sindrom kelelahan kronis dan radang sendi

f) Astaxanthin – mengurangi efek kronis penyakit termasuk kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi

Baca juga : Fpd Beauty Herbal

Apakah Suplemen Diperlukan?

Mendapatkan antioksidan Anda dari sumber alami lebih baik karena campuran fitonutrien kompleks yang bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan rempah-rempah yang mungkin tidak Anda dapatkan dari suplemen. Namun, jika mendapatkan kesehatan ini memberikan nutrisi dari sumber alami adalah masalah atau jika antioksidan tertentu diperlukan untuk mengelola masalah kesehatan tertentu, suplemen masih bisa banyak membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *